A. Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah : Phonetics and Phonology
Kode : ENG03210
Beban Studi : 3 sks
Semester : II
Mata Kuliah Prasyarat : -
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Jenjang : S-1
Dosen : Natalia Anggrarini, M.Pd.
Contact : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

B. Capaian Pembelajaran

1. Sikap

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius sebagai cerminan pengakuan atas keagungan Tuhan yang telah kemampuan menerapkan nilai-nilai mulia;
  2. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas pembelajaran berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika menunjukkan kepercayaan diri dalam berlatih melafalkan bunyi-bunyi dalam Bahasa Inggris;

2. Pengetahuan

  1. menguasai istilah-istilah spesifik dalam Phonetics and Phonology;
  2. menguasai deskripsi English speech sounds; dan
  3. menguasai aturan-aturan dasar fonologi dalam Bahasa Inggris.

3. Keterampilan

  1. mampu mendeskripsikan organ-organ wicara (speech organs) dan mekanisme kerjanya dalam pembentukan suara dalam Bahasa Inggris;
  2. mampu mendeskripsikan setiap speech sounds dalam Bahasa Inggris;
  3. mampu mendeskripsikan aturan-aturan dasar fonologi Bahasa Inggris dalam English speech;
  4. mampu mendeskripsikan fungsi fonologi dalam pembelajaran bahasa khususnya pada speech production.

C. Tata Tertib Perkuliahan dan Ujian

  • Perkuliahan berlangsung minimal 75% dari 16 pertemuan. Agar dapat mengikuti ujian akhir, maka mahasiswa wajib mengikuti sekurang-kurangnya 75% dari keseluruhan perkuliahan.
  • Perkuliahan dimulai tepat waktu. Toleransi keterlambatan 15 menit dan lebih dari waktu tersebut mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan.
  • Mahasiswa berpakaian rapi, sopan (tidak diperbolehkan memakai sandal dan kaos tidak berkerah), dan hadir tepat waktu.
  • Ketidakhadiran bukan merupakan alasan untuk tidak mengikuti perkembangan di kelas termasuk dalam materi perkuliahan maupun penugasan.
  • Saling menghormati antara dosen dan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Handphone harus dimatikan di dalam kelas.
  • Selain membaca buku-buku referensi, untuk menambah pengetahuan, mahasiswa juga diharapkan untuk membaca dari sumber-sumber lainnya maupun mencari informasi dari internet.
  • Penyerahan laporan membaca maupun tugas-tugas lainnya harus sesuai jadwal. Keterlambatan pengumpulan tugas tidak akan ditolerir.
  • Kuis akan diberikan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan dan tidak ada kuis susulan.
  • Plagiasi dan kecurangan lain dalam tugas dan kuis akan dikenakan sanksi tegas.
  • Mahasiswa harus memberikan keterangan apabila berhalangan hadir dalam ujian sebelum ujian berlangsung dan berhak mendapatkan ujian susulan. Apabila tidak memberikan keterangan apapun sebelum ujian, maka baginya tidak berhak diberikan ujian susulan.
  • Mahasiswa berhak mendapatkan nilai apabila memenuhi keseluruhan komponen penilaian.

D. Tahapan Pembelajaran

No. Kompetensi Bahan Kajian Metode Pembelajaran Durasi
(Menit)
Pengalaman Belajar Indikator Pencapaian Referesi
1
  • Introduction to the course (orientation)
  • Negotiation of the syllabus
  Ceramah dan diskusi kelas 150     Silabus/RPS perkuliahan
2
  • Mendefinisikan phonetics and phonology
  • Membedakan dan menyebutkan Sounds, spelling, dan symbols
  • 26 alphabets
  • 44 sounds (24 consonants, 12 vowels, 8 diphthongs)
  • IPA symbols
Modelling, Diskusi 150 Praktek pelafalan speech sounds Mampu membedakan phonetics dan phonology. Mampu melafalkan tiga jenis English speech sounds (vowel, consonant, dan diphthong) Contemporary Linguistics By William O’grady
3
  • Menyebutkan dan mendeskripsikan The sound-producing system
  • Mendefinisikan glotal states
  • The Lungs
  • The larynx
  • Glottal States
  • Voicelessness
  • Voicing
  • Wishper
  • Murmur
Modelling, Diskusi 150 Praktek pelafalan voicelessnes, voiced, murmur and wishper Mampu menyebutkan dan mendeskripsikan the sounds producing sistem dan mampu mendefinisikan glottal states (voicelesness, voicing, wishper dan murmur)  Contemporary Linguistics By William O’grady
4
  • Mendeskripsikan sounds clasess
  • Vowels, consonants and glides (syllabic and non-syllabic elements)
  • The acoustic different
  • Syllabic and non-syllabic
  • Glides
Modelling, Diskusi 150   Mampu mendeskripsikan sound clasess seperti vowel dan consonant serta menbedakan dari segi akustik dan syllabic and non syllabic element Contemporary Linguistics By William O’grady
5 Mendeskripsikan consonant articulation, place of articulation
  • The active articulatior-tongue
  • place of articulation of english sounds
    1. Labial
    2. Dental
    3. Alveolar
    4. Palate-alveolar and Palatal
    5. Velar
    6. Uvula
    7. Pharingeals
    8. Glottal
Modelling, Diskusi 150 Praktek pelafalan bunyi berdasarkan place of articulation Mampu mendeskripsikan fungsi tongue dan mendeskripsikan place of articulation dari sounds dalam bahasa inggris  Contemporary Linguistics By William O’grady
6 Mendeskripsikan manner of articulation
  • Oral versus Nasal phones
  • Stops
  • Fricative
  • Affricative
  • Voice lag and aspiration
  • Liquid
  • Syllabic liquids and nasals
  • Glides
Modelling, Diskusi 150 Praktek pelafalan bunyi berdasarkan manner of articulation

Mampu mendeskripsikan manner of articulation dari bunyi bunyi ucapan dalam bahasa inggris Contemporary Linguistics By William O’grady
7 Mendeskripsikan vowel and consonant in complete
  • Simple vowel and diphthongs
  • Basic parameters for describing vowels
  • Tense and lax vowels
  • Consonants
    1. Stops
    2. Airstream mechanisms
    3. Fricatives
    4. Affricatives
    5. Liquids
    6. Glides
Modelling, Diskusi 150 Praktek pelafalan bunyi dalam bahasa inggris berdasarkan place of articulation dan manner of articulation

Mampu mendeskripsikan lebih rinci vowel dan consonant dalam bahasa inggris lebih lengkap (place of articulation and manner of articulation) Contemporary Linguistics By William O’grady
8 Mid Test
9 Mendefinisikan dan mendeskripsikan Phonology: the function and patterning of sounds Segments in contras
  • Minimal pairs
  • Language specific contrast
Modelling, Diskusi 150   Mampu mendefinisikan dan mendeskripsikan pengertian phonologi dan perbedaannya dengan phonetics  Contemporary Linguistics By William O’grady
10
  • Mendeskripsikan phonetically conditioned variatiin dan
  • Membedakan phonemes and allophones
  • Phonemes and Allophones
  • The reality of phonemes
  • Classes and generalization in phonology
  • English vowels and glides
  • Language specific patterns
Modelling, Diskusi 150 Praktek mengidentifikasi phonemes dan allophones
 
Mampu mendeskripsikan variasi phonology dan membedakan phonemes dan allophones  Contemporary Linguistics By William O’grady
11 Mendeskripsikan syllables and stress in english.
  • Defining syllables
  • Onset constraints and phonotactics
  • Accidental and systematic gaps
  • Setting up syllables
  • Syllabic phonology
Modelling, Diskusi 150 Praktek menganalisis kata dalam hal syllable. Mendeskripsikan syllables and stress in english. Contemporary Linguistics By William O’grady
12 Mendeskripsikan features dan menjelaskan features hierarcy.
  • Features as independent and coordinated elements
  • Features and natural causes
  • Features, processes, and allophonic variation
  • Feature matrix for English consonant
  • The features of English
  • Nodes and tiers
Modelling, Diskusi 150 Praktek mengidentifikasi bunyi (sebuah kata) kedalam syllabel beserta featuresnya. Mendeskripsikan features dalam bahasa Inggris. Contemporary Linguistics By William O’grady
13 Mendeskripsikan derivation and rule ordering dan the form and notation of rules.
  • Derivations
  • Rule application
Modelling, Diskusi 150 Praktek menerapkan aturan derivasi dalam english phonology. Mendeskripsikan derivation and rule ordering. Contemporary Linguistics By William O’grady
14 Mendeskripsikan stress and metrics.
  • Unbounded feet
  • Bounded feet
  • Primary and secondary stress
  • Complexity from simplicity: stress parameters
  • Extrametricality
  • Bounded feet and extrametricallity
Modelling, Diskusi 150 Praktek mengidentifikasi stress dan menuangkan bunyi dalam metrics. Mendeskripsikan stress and metrics. Contemporary Linguistics By William O’grady
15 Review
16 Final Test

E. Referensi

  1. Collins, B. & Mees, I. M., (2003). Practical phonetics and phonology: A resource book for students. London: Routledge
  2. Dobrovolsky, M. & Katamba, F. (1996). Phonetics: The sounds of language. In O’Grady, W. et al. (Eds). Contemporary Linguistics: An Introduction pp 18-67. Harlow: Pearson Education Limited
  3. Giegerich, H., J. (1992). English Phonology: an Introduction. Cambridge University Press
  4. Ladefoged, P. (1933). A Course in Phonetics 3rd ed. Harcourt Brace Jovanovich College Pub.
   

Indramayu, April 2015

Head of English Department,   Lecturer,

ttd.

  ttd.
Dra. Hj. Tuty Kurniati, M.Pd.   Natalia Anggrarini, M.Pd.