Print
Category: Keguruan
Hits: 551

A. Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah : Apresiasi Puisi Indonesia
Kode : INA02201
Beban Studi : 3 sks
Semester : III
Mata Kuliah Prasyarat : -
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jenjang : S-1
Dosen : Imas Juidah, M.Pd.
Contact : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

B. Capaian Pembelajaran

Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan tentang teori apresasi puisi dan permasalahannya serta dapat menerapkan berbagai macam pendekatan sastra dalam mengapresiasi puisi.

C. Tahapan Pembelajaran

Minggu
ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) Bentuk Pembelajaran Durasi
(Menit)
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  • Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian apresiasi
  • Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan apresiasi
  • Mahasiswa dapat mengurutkan tahapan apresiasi
  • Pengertian Apresiasi
  • Tingkatan Apresiasi
  • Tahapan Apresiasi
Ceramah dan diskusi 160
  • Mampu menjelaskan pengertian apresiasi
  • Mampu menjelaskan tahapan apresiasi
  • Mampu mengurutkan tahapan apresiasi
2
  • • Mahasiswa dapat menunjukkan kegiatan apresiasi
    • Mahasiwa dapat menemukan bekal awal apresiator
    • Mahasiswa dapat menemukan manfaat apresiasi


 • Kegiatan Apresiasi
• Bekal Awal Apresiator
• Manfaat Apresiasi
Ceramah dan diskusi 160 • Mampu menunjukkan kegiatan apresiasi
• Mampu menemukan bekal awal apresiator
• Mampu menemukan manfaat apresiasi 
3
  • • Mahasiswa dapat menjelaskan makna puisi
    • Mahasiswa dapat menjelaskan pengerian puisi
    • Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat puisi

• Pemaknaan Puisi
• Pengertian Puisi
• Hakikat Puisi 
Ceramah dan diskusi 160  • Mampu menjelaskan makna puisi
• Mampu menjelaskan pengerian puisi
• Mampu menjelaskan hakikat puisi
4
  • • Mahasiswa dapat menjelaskan struktur fisik puisi
    • Mahasiwa dapat menemukan macam-macam struktur fisik puisi

Struktur Fisik Puisi
• Diksi
• Kata Konkret
• Pengimajian
• Bahasa Figuratif
• Veifikasi
• Tipografi 
Ceramah dan diskusi 160  • Mampu menjelaskan struktur fisik puisi
• Mampu menemukan macam-macam struktur fisik puisi
5 • Mahasiswa dapat menjelaskan struktur batin puisi
• Mahasiwa dapat menemukan macam-macam struktur batin puisi


 Struktur Batin Puisi
• Tema
• Perasaan
• Nada dan Suasana
• Amanat
Ceramah dan diskusi 160  • Mampu menjelaskan struktur batin puisi.
• Mampu menemukan macam-macam struktur batin puisi.
6-7

• Mahasiswa dapat menemukan ciri-ciri puisi Indonesia berdasarkan periodenya

 

Ciri-ciri Puisi Indonesia
• Periode 1920-1933
• Periode 1933-1945
• Periode 1945-1953
• Periode 1953-1966
• Periode 1966-1970
• Periode 1970-sekarang 
Ceramah dan diskusi 160 • Mampu menemukan ciri-ciri puisi Indonesia berdasarkan periodenya.

7          
8 Ujian Tengah Semester
9

• Mahasiswa dapat menemukan jenis-jenis puisi Indonesia.
• Mahasiswa dapat mengelompokkan puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer

 Jenis-Jenis Puisi Indonesia
• Puisi Lama
• Puisi Baru
• Puisi Kontemporer
Ceramah dan diskusi  160  • Mampu menemukan jenis-jenis puisi Indonesia.
• Mampu mengelompokkan puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer.
10 • Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan struktural Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Struktural Presentasi dan Diskusi
 
160 • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan struktural. 
11 • Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan pragmatik
 
 Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Pragmatik  Presentasi dan Diskusi 160   • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan struktural.
12 • Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan ekspresif Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Ekspresif  Presentasi dan Diskusi 160  • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan ekspresif. 
13

• Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan mimetik

 Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Mimetik Presentasi dan Diskusi  160 • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan mimetik. 
14 • Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan semiotik Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Semiotik  Presentasi dan Diskusi 160 • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan semiotik.  
15 • Mahasiswa dapat mengapresiasi puisi dengan pendekatan intertekstualitas  Apresiasi Puisi dengan Pendekatan Intertekstualitas  Presentasi dan Diskusi 160 • Mampu mengapresiasi puisi dengan pendekatan intertekstualitas.
16 Final Test

D. Referensi

  1. Alisjahbana, Sutan Takdir. 2008. Puisi Baru. Jakarta: Dian Rakyat
  2. Alisjahbana, Sutan Takdir. 2008. Puisi Lama. Jakarta: Dian Rakyat
  3. Atmazaki. 1999. Analisis Sajak. Bandung: Angkasa.
  4. Badrun, A. 1989. Teori Puisi. Jakarta: Depdikbud
  5. Budianta, Melani, dkk. 2002. Membaca Sastra. Magelang: Indonesia Tera
  6. Efendi, Anwar, dkk. 1998. Pengajaran Apresiasi Sastra. Jakarta: Depdikbud
  7. Efendi, S. 2002. Pengantar Apresiasi Puisi. Jakarta: Pustaka Jaya
  8. Ismail, Taufik dkk, editor. 2001.
  9. Horison Sastra Indonesia Kitab Puisi. Jakarta: Horison
  10. Luxemburg, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia
  11. Mulyana, Yoyo dkk. 1998. Sanggar Sastra. Jakarta: Sanggar Sastra
  12. Pradopo, Rahmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  13. Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
  14. Rosidi, Ajip. 2010. Puisi Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Jaya
  15. Rusyana, Yus. 1982. Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang
  16. Soetarno. 2008. Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta: Widya Duta Grafika
  17. Sumardjo, Jakob & Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
  18. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa
  19. Waluyo, H.J. 2004. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia
   

September, April 2015

Ketua Program Studi,   Dosen,

ttd.

  ttd.
Eli Herlina, S.S., M.Pd.   Imas Juidah, M.Pd.