Berikut adalah contoh standar profil lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Standar profil ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:

SAMPUL LUAR

SAMPUL DALAM

  1. ISTILAH DAN DEFINISI
  2. RASIONAL
  3. PERNYATAAN ISI STANDAR
  4. STRATEGI
  5. INDIKATOR
  6. SUBYEK/PIHAK YANG BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENCAPAI/MEMENUHI ISI STANDAR
  7. REFERENSI
No. Dokumen  
No./Tgl. Revisi  
Tanggal Berlaku  

CONTOH

STANDAR PROFIL LULUSAN
SARJANA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS WIRALODRA
2019

No. Dokumen  
No./Tgl. Revisi  
Tanggal Berlaku  

STANDAR PROFIL LULUSAN
SARJANA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Proses Penanggung Jawab Tanggal
Nama Jabatan Tanda Tangan
Perumusan        
Pemeriksaan        
Persetujuan        
Penetapan        
Pengendalian        

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS WIRALODRA
2019

A. ISTILAH DAN DEFINISI

Profil lulusan adalah pernyataan tertulis mengenai peran yang dapat diemban oleh lulusan sarjana pendidikan bahasa Inggris setelah menyelesaikan pendidikan di Program Studi (S1) Pendidikan Bahasa Inggris.

B. RASIONAL

Pada penyusunan kurikulum baru atau revitalisasi kurikulum yang sudah ada, hal pertama yang harus ditetapkan adalah standar profil lulusan yang didasarkan atas kajian scientific vision dan market signal (need asessment). Standar profil lulusan akan digunakan untuk memandu perumusan standar capaian pembelajaran lulusan di suatu program studi. Berdasarkan atas hal tersebut, Program Studi Pendidikan bahasa Inggris menetapkan standar profil lulusan sarjana pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra.

C. PERNYATAAN ISI STANDAR

Setelah menyelesaikan pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Wiralodra, Lulusan S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menjadi tenaga pendidik yang menguasai pengetahuan tentang karakteristik peserta didik, kurikulum, perencanaan pembelajaran, metode, dan strategi pembelajaran serta penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan menguasai ilmu pengetahuan Bahasa Inggris dalam berbagai bentuk komunikasi baik secara lisan maupun tulis.

D. STRATEGI

Untuk mencapai standar profil lulusan, beberapa langkah dilakukan:

  1. Sosialisasi standar profil lulusan ke seluruh stake holder.
  2. Menyusun standar capaian pembelajaran dengan cermat.
  3. Menyusun standar isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran dengan cermat dengan melibatkan seluruh stake holder.
  4. Secara reguler melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan standar yang ada.
  5. Melaksanakan studi pelacakan kemampuan lulusan di tempat kerja.

E. INDIKATOR

Indikator yang digunakan adalah:

  1. Tingkat pemahaman dosen terhadap standar profil lulusan sangat baik.
  2. IPK Lulusan di atas 2,75.
  3. Tingkat kepatuhan pemenuhan standar oleh penyelenggara pendidikan (FKIP) lebih dari 90%.
  4. Tingkat kepuasan pengguna lulusan baik (lebih dari 90%).

F. SUBYEK/PIHAK YANG BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENCAPAI/MEMENUHI ISI STANDAR

Pihak yang bertanggung jawab untuk memenuhi isi standar adalah:

  1. Pimpinan FKIP
  2. Seluruh unit yang ada di bawah FKIP
  3. Dosen

G. REFERENSI

  1. Perpres Nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI
  2. Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang SNPT
  3. Standar Akademik Universitas Wiralodra
  4. Standar Akademik FKIP