Print
Category: Ragam
Hits: 351

RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRALODRA TAHUN 2019-2023 (Disampaikan pada Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Dekan 2019-2023)

I.  PENDAHULUAN

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai bagian dari Universitas Wiralodra, dalam derap langkah pelaksanaan program kerjanya tetap berbingkai kepada amanah UU RI No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi Bab IV pasal 58 yang menegaskan bahwa  fungsi dan peran Perguruan Tinggi sebagai berikut: (a) wadah pembelajaran Mahasiswa dan Masyarakat, (b) wadah pendidikan calon pemimpin bangsa, pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (c) pusat kajian kebajikan dan kekuatan moral untuk mencari dan menemukan kebenaran, dan (d) pusat pengembangan peradaban bangsa.

Fungsi dan peran ini telah dijalankan oleh para pimpinan FKIP terdahulu, namun tetap diperlukan penyesuaian sesuai dengan dinamika perubahan yang terjadi terutama dinamika dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu perlu pula pengembangan, inovasi, kreativitas, komitmen, dan etos kerja yang tinggi untuk mengawalnya. Sebagai bagian dari Universitas Wiralodra, FKIP Unwir berkewajiban untuk turut mendukung terhadap ketercapaian Visi Universitas Wiralodra yaitu, menjadi Universitas yang unggul dan kompetitif pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal tahun 2026. Oleh karena itu pengembangan, inovasi, dan kreativitas, yang dilakukan harus sejalan dengan rencana program pengembangan universitas yang telah ditetapkan dalam RENSTRA Unwir.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra merupakan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang bertugas dan berkewajiban mempersiapkan calon-calon tenaga pendidik yang unggul dan profesional serta berakhlak mulia. Oleh karena itu FKIP harus selalu berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan alumni yang unggul serta berdaya saing tinggi pada dunia kerja.

II. POKOK-POKOK PENGEMBANGAN

A. Visi

Menjadi fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang dilandasi nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal di tingkat nasional pada tahun 2026.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat baik  bagi kepentingan institusi, daerah  maupun  nasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat  baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola Fakultas yang baik yang berbasis teknologi informasi.
  5. Meningkatkan suasana dan perilaku agamis, akademis, kebangsaan dan berkearifan lokal di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

C. Tujuan

  1. Menjadikan Fakultas yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas yang berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menjadikan Fakultas yang mampu menghasilkan penelitian khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi kepentingan institusi, masyarakat baik di tingkat daerah maupun nasional.
  3. Menjadikan Fakultas yang mampu mewujudkan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat baik di tingkat daerah maupun nasional.
  4. Menjadikan fakultas yang memiliki keunggulan dalam tata kelola yang adil, amanah, dan sejalan dengan kebijakan universitas sebagai pencapaian fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
  5. Menjadikan fakultas yang senantiasa menjalankan sistem pendidikan yang belandaskan nilai-nilai ketuhanan, akademis, kebangsaan dan kearifan lokal.

D.  Sasaran

  1. Penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan  dilaksanakan secara terencana, terpadu, dengan pengelolaan yang baik sehingga berkembang melampaui standar nasional Dikti.
  2. Penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan semakin meningkat dan melampaui standar nasional Dikti.
  3. Pengabdian kepada masyarakat khususnya; yang didasarkan pada hasil-hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan semakin meningkat melampaui standar nasional Dikti.
  4. Pelayanan yang prima yang tanggap terhadap perubahan lingkungan.
  5. Kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan dengan berbagai Perguruan tinggi/lembaga lain yang semakin meningkat.

E. Strategi Pencapaian

Guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut, maka strategi yang dikembangkan adalah sebagai berikut.

  1. Konsolidasi dan koordinasi dengan barbagai pihak yaitu  dengan yayasan, universitas, fakultas/lembaga lainnya, organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Wiralodra,  prodi-prodi,  dan tata usaha di lingkungan fakultas.
  2. Koordinasi dengan pengawas dan penjamin mutu internal yaitu dengan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) tingkat universitas, Kendali Mutu (KM) tingkat fakultas, dan Gugus Kendali Mutu (GKM) tingkat program studi untuk pengawasan dan menciptakan kendali dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.
  3. Koordinasi eksternal dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga/instansi yang kredibel dalam pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi.
  4. Membina tenaga pendidik dan kependidikan secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan ketakwaan, karakter, kualitas, kualifikasi, kompetensi manajemen, dan prestasi kinerja menuju keunggulan melalui pendidikan dan pelatihan.
  5. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dan kebebasan akademik, baik di dalam maupun di luar kampus di kalangan dosen, karyawan, dan mahasiswa, dengan mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, akademik, kebangsaan, dan kearifan lokal yang memperhatikan etika dalam berkomunikasi.
  6. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi dari dosen, karyawan, dan mahasiswa dengan berbagai kegiatan kompetisi kreatif dan inovatif sehingga diharapkan mampu menghasilkan karya kreatif-inovatif.
  7. Mengembangkan fakultas dengan tata ruang dan tata kelola lingkungan yang asri dengan memperhatikan keamanan, kebersihan, ketertiban, dan keindahan lingkungan.

F. Program-Program

PROGRAM TAHUN PENCAPAIAN
I II III IV
A.  Bidang Pendidikan dan Pengajaran        
  1.  Melakukan koordinasi dengan LPM dan kendali mutu tingkat Fakultas untuk pengawasan dan menciptakan kendali sistem pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. 6 kali 6 kali 6 kali 6 kali
  2.  Mengevalusi dan merevisi kurikulum program studi secara berkala didasarkan kepada peraturan yang berlaku, perkembangan IPTEK, serta kebutuhan pengguna lulusan. 1 keg.     1 keg.
  3.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas input. 160 mhs 200 mhs 240 mhs 280 mhs
  4.  Meningkatkan kualitas dosen dengan menfasilitasi dan mendorong dosen untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui program pelatihan bahasa Inggris. 12 kali 12 kali 12 kali 12 kali
  5.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memberikan sosialisasi hasil-hasil pelatihan/seminar yang telah dilakukan dosen sejawat. 2 keg. 2 keg. 2 keg. 2 keg.
  6.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dosen untuk menjadi pemakalah seminar, dan kegiatan ilmiah lainnya baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional. 2x/dsn 2x/dsn 2x/dsn 2x/dsn
  7.  Meningkatkan kualitas dosen dengan mengadakan pelatihan dosen berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  8.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasiltasi dan mendorong dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional melalui evaluasi rutin tentang pelaksaaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 2 keg evl 2 keg evl 2 keg evl 2 keg evl
  9.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dosen dalam mengajukan sertifikasi dosen. 3 keg. 3 keg. 3 keg. 3 keg.
  10.  Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengevaluasi dan melengkapi Rencana Pembelajaran Semester dan Rencana Pembelajaran Mingguan. 2 keg. 2 keg. 2 keg. 2 keg.
  11.  Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan berbasiskan teknologi informasi yang diarahkan kepada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), kemampuan komunikasi, dan kolaborasi. 80% 100% 100% 100%
  12.  Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan penilaian baik proses maupun hasil belajar secara otentik, objektif, akuntabel, dan transparan melalui evaluasi dosen oleh mahasiswa. 2 keg. 2 keg. 2 keg. 2 keg.
  13.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dan mendorong dosen maupun tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 4 dosen 4 dosen 8 dosen 8 dosen
  14.  Meningkatkan kualitas dosen dengan memberikan pelatihan penulisan jurnal internasional. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  15.  Meningkatkan keeratan hubungan antar dosen dan tenaga kependidikan dengan mengadakan kegiatan silaturahmi. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  16.  Meningkatkan kemampuan dosen dan tenaga kependidikan dalam tata kelola dan pelaksanaan seluruh kegiatan administrasi berbasis IT melalui pelatihan. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  17.  Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap administrasi pembelajaran melalui evaluasi tenaga kependidikan. 2 keg. 2 keg. 2 keg. 2 keg.
  18.  Mengembangkan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru yang profesional. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  19.  Mendorong dosen untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menghasilkan buku ajar yang berkualitas. 75% 85% 95% 100%
  20.  Meningkatkan kualitas dosen maupun tenaga kependidikan dengan memberikan penghargaan bagi yang berprestasi. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  21.  Meningkatkan kualitas Pembelajaran memberikan pelayanan prima dalam pendidikan dan pengajaran diantaranya melalui daring. 40% 50% 60% 70%
  22.  Meningkatkan sarana proses pembelajaran dengan meningkatan fasilitas laboratorium biologi, laboratorium bahasa, laboratorium matematika, peningkatan akses internet, dan fasilitas lain yang menunjang proses belajar mengajar. 60% 70% 80% 100%
  23.  Meningkatkan mutu akses informasi dan layanan tata kelola di lingkungan Fakultas. 90% 100% 100% 100%
B.  Bidang Penelitian dan Pengembangan IPTEK        
  24.  Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melakukan penelitian sesuai dengan bidang keahlian/keilmuannya, baik penelitian mandiri, penelitian dosen dengan mahasiswa, maupun penelitian kerjasama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga terkait lainnya. 85% 90% 95% 100%
  25.  Menyelenggarakan kegiatan pelatihan penulisan artikel jurnal internasional bagi dosen-dosen bekerjasama dengan LPPM. 1 keg. 1 keg. 1 keg. 1 keg.
  26.  Menyelenggarakan kegiatan diskusi ilmiah dosen. 12 keg 12 keg 12 keg 12 keg
  27.  Menyelenggarakan seminar nasional dan internasional. 4 kali 4 kali 4 kali 4 kali
  28.  Melakukan penguatan sarana publikasi ilmiah melalui kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal. 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali
  29.  Mengajukan akreditasi jurnal nasional baik untuk jurnal prodi maupun fakultas.   25% 50% 100%
  30.  Memfasilitasi dosen untuk melakukan publikasi penelitian dosen pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. 50% 60% 70% 80%
  31.  Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga lain dalam bidang penelitian dan pengembangan IPTEK. 10% 30% 50% 70%
C.  Bidang Pengabdian pada Masyarakat        
  32.  Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang didasarkan pada hasil riset dalam bidang pendidikan dan pengajaran atau dalam bidang sosial lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta mengedepankan prinsip pemberdayaan masyarakat. 2 keg 2 keg 2 keg 2 keg
  33.  Memfasilitasi dosen untuk melakukan publikasi artikel pengabdian pada masyarakat dalam jurnal pengabdian pada masyarakat 2 keg  2 keg  2 keg 2 keg
D.  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni        
  34.  Mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. 75% 85% 100% 100%
  35.  Mendorong lembaga kemahasiswaan yang ada di prodi dan fakultas untuk menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas, minat, bakat bagi mahasiswa. 50% 75%  90%  100%
  36.  Mendorong kegiatan mahasiswa dalam bidang akademik melalui kelompok studi mahasiswa. 50% 75% 90% 100%
  37.  Mengembangkan softskill mahasiswa melalui pembelajaran sebagai hidden kurikulum dan melalui pembinaan kegiatan himpunan mahasiswa atau BEM. 50% 65% 75% 85%
  38.  Pembinaan prestasi bagi mahasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik. 50% 65% 75% 85%
  39.  Meningkatkan kerjasama alumni dengan pihak fakultas. 50% 60% 80% 90%
E.  Bidang Kerjasama dan Kemitraan        
  40.  Melakukan studi banding dengan perguruan tinggi atau lembaga lain. 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali
  41.  Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak sekolah dan alumni dalam rangka penjaringan calon mahasiswa baru untuk meningkatkan jumlah mahasiswa FKIP. 60% 70%  80%  90%
  42.  Mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga lain baik dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kerja sama yang akan terus ditingkatkan di antaranya yaitu kerjasama dalam pengelolaan jurnal, kerjasama dalam penelitan untuk mendapatkan hibah penelitian dari Kemenristek Dikti, kerja sama dalam melaksanakan seminar ataupun lokakarya. 30% 50% 70% 90%
F.  Bidang Kelembagaan        
  43.  Menyelaraskan antara kebijakan fakultas dengan program studi. 100% 100% 100% 100%
  44.  Meningkatkan peringkat akreditasi program studi.       50%
  45.  Mendirikan program studi baru.     1  

 

III. PENUTUP

Demikian paparan visi, misi, tujuan strategi dan program kerja yang saya tawarkan dalam membangun FKIP Unwir menjadi fakultas yang unggul dan kompetitif yang Insya Allah akan saya laksanakan jika saya terpilih menjadi Dekan FKIP Unwir Periode 2019-2023.

 

Indramayu, 27 Maret 2019

 

ttd.

 

Dr. Runisah, M.Pd.