Print
Category: Sumberdaya
Hits: 267

A. Visi

Menjadi fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang dilandasi nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal di tingkat nasional pada tahun 2026.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat baik  bagi kepentingan institusi, daerah  maupun  nasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat  baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola Fakultas yang baik yang berbasis teknologi informasi.
  5. Meningkatkan suasana dan perilaku agamis, akademis, kebangsaan dan berkearifan lokal di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

C. Tujuan

  1. Menjadikan Fakultas yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas yang berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menjadikan Fakultas yang mampu menghasilkan penelitian khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi kepentingan institusi, masyarakat baik di tingkat daerah maupun nasional.
  3. Menjadikan Fakultas yang mampu mewujudkan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian khususnya dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat baik di tingkat daerah maupun nasional.
  4. Menjadikan fakultas yang memiliki keunggulan dalam tata kelola yang adil, amanah, dan sejalan dengan kebijakan universitas sebagai pencapaian fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
  5. Menjadikan fakultas yang senantiasa menjalankan sistem pendidikan yang belandaskan nilai-nilai ketuhanan, akademis, kebangsaan dan kearifan lokal.

D.  Sasaran

  1. Penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan  dilaksanakan secara terencana, terpadu, dengan pengelolaan yang baik sehingga berkembang melampaui standar nasional Dikti.
  2. Penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan semakin meningkat dan melampaui standar nasional Dikti.
  3. Pengabdian kepada masyarakat khususnya; yang didasarkan pada hasil-hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan semakin meningkat melampaui standar nasional Dikti.
  4. Pelayanan yang prima yang tanggap terhadap perubahan lingkungan.
  5. Kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan dengan berbagai Perguruan tinggi/lembaga lain yang semakin meningkat.

E. Strategi Pencapaian

  1. Konsolidasi dan koordinasi dengan barbagai pihak yaitu dengan yayasan, universitas, fakultas/lembaga lainnya, organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Wiralodra, prodi-prodi, dan tata usaha di lingkungan fakultas.
  2. Koordinasi dengan pengawas dan penjamin mutu internal yaitu dengan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) tingkat universitas, Kendali Mutu (KM) tingkat fakultas, dan Gugus Kendali Mutu (GKM) tingkat program studi untuk pengawasan dan menciptakan kendali dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.
  3. Koordinasi eksternal dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga/instansi yang kredibel dalam pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi.
  4. Membina tenaga pendidik dan kependidikan secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan ketakwaan, karakter, kualitas, kualifikasi, kompetensi manajemen, dan prestasi kinerja menuju keunggulan melalui pendidikan dan pelatihan.
  5. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dan kebebasan akademik, baik di dalam maupun di luar kampus di kalangan dosen, karyawan, dan mahasiswa, dengan mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, akademik, kebangsaan, dan kearifan lokal yang memperhatikan etika dalam berkomunikasi.
  6. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi dari dosen, karyawan, dan mahasiswa dengan berbagai kegiatan kompetisi kreatif dan inovatif sehingga diharapkan mampu menghasilkan karya kreatif-inovatif.
  7. Mengembangkan fakultas dengan tata ruang dan tata kelola lingkungan yang asri dengan memperhatikan keamanan, kebersihan, ketertiban, dan keindahan lingkungan.

F. Program-Program

  1. Melakukan koordinasi dengan LPM dan kendali mutu tingkat Fakultas untuk pengawasan dan menciptakan kendali sistem pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Mengevalusi dan merevisi kurikulum program studi secara berkala didasarkan kepada peraturan yang berlaku, perkembangan IPTEK, serta kebutuhan pengguna lulusan.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas input.
  4. Meningkatkan kualitas dosen dengan menfasilitasi dan mendorong dosen untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui program pelatihan bahasa Inggris.
  5. Meningkatkan kualitas dosen dengan memberikan sosialisasi hasil-hasil pelatihan/seminar yang telah dilakukan dosen sejawat.
  6. Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dosen untuk menjadi pemakalah seminar, dan kegiatan ilmiah lainnya baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional.
  7. Meningkatkan kualitas dosen dengan mengadakan pelatihan dosen berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran.
  8. Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasiltasi dan mendorong dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional melalui evaluasi rutin tentang pelaksaaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  9. Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dosen dalam mengajukan sertifikasi dosen.
  10. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengevaluasi dan melengkapi Rencana Pembelajaran Semester dan Rencana Pembelajaran Mingguan.
  11. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan berbasiskan teknologi informasi yang diarahkan kepada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), kemampuan komunikasi, dan kolaborasi.
  12. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan penilaian baik proses maupun hasil belajar secara otentik, objektif, akuntabel, dan transparan melalui evaluasi dosen oleh mahasiswa.
  13. Meningkatkan kualitas dosen dengan memfasilitasi dan mendorong dosen maupun tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  14. Meningkatkan kualitas dosen dengan memberikan pelatihan penulisan jurnal internasional.
  15. Meningkatkan keeratan hubungan antar dosen dan tenaga kependidikan dengan mengadakan kegiatan silaturahmi.
  16. Meningkatkan kemampuan dosen dan tenaga kependidikan dalam tata kelola dan pelaksanaan seluruh kegiatan administrasi berbasis IT melalui pelatihan.
  17. Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap administrasi pembelajaran melalui evaluasi tenaga kependidikan.
  18. Mengembangkan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.
  19. Mendorong dosen untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menghasilkan buku ajar yang berkualitas.
  20. Meningkatkan kualitas dosen maupun tenaga kependidikan dengan memberikan penghargaan bagi yang berprestasi.
  21. Meningkatkan kualitas Pembelajaran memberikan pelayanan prima dalam pendidikan dan pengajaran diantaranya melalui daring.
  22. Meningkatkan sarana proses pembelajaran dengan meningkatan fasilitas laboratorium biologi, laboratorium bahasa, laboratorium matematika, peningkatan akses internet, dan fasilitas lain yang menunjang proses belajar mengajar.
  23. Meningkatkan mutu akses informasi dan layanan tata kelola di lingkungan Fakultas.