Mampu bekerja ilmiah adalah kompetensi mutlak bagi Sarjana Pendidikan. Mahasiswa selain diberikan pendidikan melalui perkuliahan di kampus, juga perlu dibekali dengan praktik kerja ilmiah di lapangan.

Sehubungan dengan hal itu, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra Indramayu, pada tanggal 18 April 2017 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kebun Raya Bogor, danĀ  Museum Zoologi Bogor.

Dalam Kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa melaksanakan berbagai kerja ilmiah secara terstruktur, yaitu kegiatan praktikum “Sediaan Sayatan melalui Mikroteknik”, pada Departemen Biologi FMIPA IPB, dimana mahasiswa membuat sediaan sayatan atau preprat melalui Mikroteknik metode parafin. Setelah praktikum, kegiatan dilanjutkan dengan observasi tumbuhan di Kebun Raya Bogor dan observasi awetan hewan di Museum Zoologi yang dibimbing oleh pemandu setempat.

Rangkaian kegiatan dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan selain dapat menguatkan teori yang telah diperoleh pada perkuliahan, juga dapat melatih keterampilan kerja ilmiah mahasiswa pada lingkungan kerja nyata.