VISI

“Unggul dan kompetitif di tingkat nasional dalam bidang pendidikan guru bahasa dan sastra Indonesia yang profesional dengan dilandasi nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal pada tahun 2026.”

MISI

  1. Menghasilkan tenaga profesional yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik dan profesional.
  3. Melaksanakan penelitian berkualitas dalam bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia.
  4. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia.
  5. Menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

TUJUAN

  1. Menyiapkan calon guru Bahasa Indonesia yang profesional, unggul, dan kompetitif.
  2. Meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Meningkatkan nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

SASARAN

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sampai tahun 2026 dikelompokkan menjadi sasaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Ketiga sasaran tersebut diuraikan sebagai berikut.

  1. Sasaran Program Studi
  2. Sasaran Jangka Pendek (2014-2018)
  • Tercapainya rerata IPK lulusan 3,50 dengan persentase lulusan tepat waktu minimum sebanyak 75 persen.
  • Tercapainya kemampuan soft skills lulusan dengan penilaian oleh pengguna berada dalam ketegori ”sangat baik”.
  • Memiliki jurnal prodi ber-ISSN.
  • Adanya karya ilmiah dosen yang dipublikasikan di jurnal tingkat nasional terakreditasi dan jurnal internasional berindeks scopus.
  • Adanya dosen atau tenaga pendidik yang bergelar Doktor.
  • Ikut serta sebagai penyaji dalam pertemuan ilmiah yang sesuai bidang program studi di tingkat nasional.
  • Terlaksananya pengabdian yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  1. Sasaran Jangka Menengah (2018-2022)
  • Tercapainya perolehan dana penelitian hibah kompetitif di luar perguruan tinggi sendiri minimum sebesar Rp. 5 juta per tahun untuk tiap orang dosen.
  • Adanya karya ilmiah dosen yang menjadi rujukan, baik bagi institusi pendidikan tinggi lain maupun bagi organisasi pemerintah atau swasta.
  • Bertambahnya publikasi ilmiah hasil penelitian dosen di jurnal internasional berindeks scopus.
  • Bertambahnya dosen atau tenaga pendidik yang bergelar Doktor.
  • Bertambahnya kerja sama untuk program-program pendidikan dan pelatihan di bidang bahasa dan sastra, baik di tingkat lokal maupun nasional.
  • Adanya dosen yang dikukuhkan sebagai Guru Besar.
  1. Sasaran Jangka Panjang (2022-2026)
  • Menjadi salah satu program studi pilihan atau favorit di tingkat nasional.
  • Meningkatnya kerja sama untuk program-program pendidikan dan pelatihan di bidang bahasa dan sastra, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Memiliki jurnal nasional terakreditasi.
  • Dosen/tenaga pendidik minimal bergelar Doktor (S3).
  • Bertambahnya dosen yang dikukuhkan sebagai Guru Besar.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN

Strategi untuk pencapaian sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia baik jangka pendek, menengah, maupun panjang harus menyentuh semua aspek, seperti SDM, sarana, prasarana, dan kerjasama sebagai berikut.

1. Pengembangan Dosen

  • Memfasilitasi peningkatan jabatan fungsional dosen.
  • Pengiriman dosen guna studi lanjut S3.
  • Memfasilitasi sertifikasi dosen.
  • Memfasilitasi sertifikasi keahlian profesi dosen.
  • Idealnya rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa.
  • Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi dosen.
  • Pengiriman utusan dosen dalam forum ilmiah baik di dalam negeri maupun luar negeri sesuai bidang keahlian.
  • Pengiriman utusan dalam pelatihan peningkatan kemampuan mengajar.
  • Memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian.
  • Memfasilitasi kegiatan publikasi ilmiah.
  • Memfasilitasi pemenuhan sarana dan prasarana akademik dosen.
  • Membangun semangat dan komitmen dosen.
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai bentuk pelatihan.
  • Meningkatkan kesejahteraan dosen.

2. Pengembagan Mahasiswa dan Lulusan

  • Melakukan pembaharuan kurikulum secara reguler yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
  • Melaksanakan sistem pembelajaran yang menghasilkan kompetensi seimbang antara hard skill dengan soft skill.
  • Membangun suasana akademik yang terintegrasi dengan kegiatan kurikuler dan non kurikuler, seperti penugasan, fasilitas publikasi ilmiah, pelatihan, pemagangan, diskusi ilmiah, utusan mahasiswa dalam forum ilmiah.
  • Memfasilitasi kegiatan non kurikuler seperti pengembangan diri, diskusi ilmiah, seminar nasional, workhshop, kuliah dosen tamu, pelatihan kepemimpinan, kunjungan akademik ke beberapa universitas negeri.
  • Pelibatan mahasiswa ke dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bersama dosen.
  • Memfasilitasi perkembangan minat dan bakat mahasiswa melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler seperti Senat Mahasiswa, BPMF, BEM, dan Unit Kegiatan Mahasiswa, serta kelompok/komunitas kegiatan akademis mahasiswa.
  • Memfasilitasi penyaluran lulusan melalui penyampaian informasi, pemagangan, dan kerja sama dengan instansi dan alumni.

3. Pengembangan Tenaga Kependidikan

  • Memfasilitasi pelatihan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.
  • Membantu menyediakan sarana dan prasarana untuk kelancaran tugas tenaga kependidikan.
  • Membangun semangat kebersamaan dan komitmen tenaga kependidikan.
  • Peningkatan studi lanjut tenaga kependidikan.
  • Meningkatkan kesejahteraan tenaga kependidikan.

4. Pengembangan Sarana dan Prasarana

  • Menyediakan sarana dan prasarana yang nyaman, ramah lingkungan dan berbasis teknologi informasi, seperti penyediaan ruang kelas ber-AC, proyektor, wifi, dan internet gratis yang dapat dinikmati tanpa kendala.
  • Pemeliharaan dan update sarana dan prasarana sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan.
  • Pemanfaatan sarana  dan prasarana secara optimal.

5. Pengembangan Kerja Sama dan Kemitraan

  • Meningkatkan kerja sama dengan masyarakat melalui program-program pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan-pelatihan.
  • Menjaga kerja sama dengan instansi pemerintah yang relevan seperti Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, dan Pemerintah Daerah.
  • Melakukan kerja sama dengan lembaga atau instansi di dalam maupun luar negeri.
  • Menjalin kerja sama dengan alumni untuk penyaluran lulusan, perbaikan kurikulum, dan dukungan sarana.

 

DATA DOSEN TETAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FKIP UNIVERSITAS WIRALODRA

NO. NAMA NIDN JABATAN AKADEMIK

PENDIDIKAN

1 Dr. H. Dadun Kohar, M. Pd.

00-1706-6001

Lektor Kepala***

S1, IKIP Bandung
S2, UPI Bandung
S3, UPI Bandung
2 Agus Nasihin, Drs., M. Pd.

00-1708-6801

Lektor Kepala***

S1, IKIP Bandung
S2, UPI Bandung
3 Samsul Bahri, Drs., M. Pd. 00-1105-6701 Lektor*** S1, IKIP Bandung
S2, UPI Bandung
4 Rustam Effendi, Drs., M. Pd. 04-160852-03 Asisten Ahli S1, Unswagati Cirebon
S2, Unswagati Cirebon
5 Eli Herlina, S. S., M. Pd. 04-310884-03 Asisten Ahli*** S1, UPI Bandung
S2, UPI Bandung
6 Imas Juidah, M. Pd. 04-050289-01 Asisten Ahli S1, Unwir Indramayu
S2, Unswagati Cirebon
7 Saroni, M. Pd. 04-020688-01 Asisten Ahli S1, Unwir Indramayu
S2, Unswagati Cirebon
8 Eny Tarsinih, M. Pd. 04-280290-01 Asisten Ahli S1, Unwir Indramayu
S2, Unswagati Cirebon
9 Ade Kusnan Afandi, M. Pd. 04-180789-01 Asisten Ahli S1, Unwir Indramayu
S2, Unswagati Cirebon
10 Nana T. Winata, S. S., M. Pd. 04-261289-03 S1, Unpad Bandung
S2, UPI Bandung
11 Embang Logita, M. Pd. 04-060874-01 S1, STKIP Siliwangi Bandung
S2, UPI Bandung