Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra Indramayu didirikan tanggal 17 Juli 1982 dengan AKTA Notaris H.A. Djahari, SH. nomor 56/D/O/1982, pendiriannya didorong atas kesadaran dan tanggung jawab atas kelangsungan pendidikan, termasuk pendidikan tinggi yang berkualitas dan berkewajiban pula meningkatkan daya guna untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

Dalam awal perkembangan sejarahnya, sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 079/O/1985 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi dalam lingkungan Universitas Wiralodra di Indramayu, FKIP telah memiliki Jurusan Ilmu Pendidikan dengan program studi Administrasi Pendidikan (D3), Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – program studi Pendidikan Matematika (D3), dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dengan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) dan program studi Pendidikan Bahasa Inggris (D3). Status Diakui Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Matermatika (S1) pada tanggal 22 Mei 1986 dengan SK Nomor :0388/O/1986. Kemudian pada tanggal 20 April 1993 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) mendapat status diakui dengan SK Nomor : 132/Dikti/1993.

Seiringan dengan perkembangannya FKIP pada tanggal 27 Desember 2006 berdasar SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, nomor 4940/D/T/2006, FKIP menambah satu Program Studi baru yakni Prodi Pendidikan Biologi yang pelaksanaan penyelenggaraannya dimulai Sepember 2007. Dengan demikian hingga saat ini FKIP telah memiliki empat program studi yakni Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1), dan Program Studi Pendidikan Biologi (S1).

FKIP UNWIR akan selalu berperan aktif dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia seperti yang tertuang dalam Vis Fakultas yakni, menjadi Fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal pada tahun 2018 di tingkat Jawa Barat.